Apakah Kamu Harus Memiliki Apple New MacBook?


Pada Apple Event ‘Spring Forward’ yang dilaksanakan pada 9 Maret 2015 lalu Apple tidak hanya memperkenalkan jam tangan pintar nya, Apple memberikan sebuah kejutan dengan menghadirkan produk terbaru untuk jajaran laptop nya (atau, dalam hal ini notebook). Ya, seperti apa yang Tim Cook katakan, Apple ingin “reinvent the notebook” ya, Apple ingin melakukan apa yang mereka lakukan kepada industri smartphone sejak tahun 2007 lalu. Saya sempat bingung, saya pikir awalnya Apple MacBook ini adalah generasi terbaru dari MacBook Air. Ternyata saya salah! Apple MacBook benar-benar produk baru, bukan update dari MacBook Air. Lalu sebenarnya seperti apa sih Apple MacBook ini? Apakah Kamu harus memilikinya?


Perlu saya awali tulisan kali ini dengan mengatakan bahwa Apple MacBook adalah MacBook paling seksi yang pernah dibuat Apple! Begitu melihat video dan beberapa impresi awal jurnalis-jurnalis dalam blog mereka saya langsung yakin bahwa ya saya memang menginginkan produk itu! Saya rasa siapapun akan ngiler melihatnya.

Apple MacBook adalah laptop yang benar-benar tipis, hanya 13.1mm dengan berat hanya 2 pounds dan dibekali dengan layar retina 12 inches. Apple benar-benar ambil langkah jauh kedepan dengan membuat laptop setipis itu, ya beberapa komponen harus dikorbankan, misalnya saja slot SD card yang dihilangkan dan hanya ada 2 slot yaitu slot USB-C tipe baru dan slot headphone disebelah kanan. Sedikit penjelasan tentang USB-C, ini adalah slot USB tipe baru atau disebut juga generasi USB 3.1, yang juga slot USB-C ini berfungsi sebagai slot power untuk Kamu charge MacBook Kamu. Hal lainnya yang dikorbankan Apple adalah ‘logo Apple menyala’ yang sudah setia menemani setiap produk MacBook.
USB-C

Seperti saya katakan Apple benar-benar ambil langkah jauh kedepan dengan menghilangkan banyak hal yang ‘familiar’ pada kita dari sebuah laptop. Untuk mengakali ketipisan tesebut juga Apple membuat kontur baru untuk baterai dari sebuah MacBook. Bentuknya mengingatkan saya pada sistem terasering yang ada pada persawahan. 

'Saya waktu itu main ke Indonesia... saya liat sawah disana, jadi kepikiran buat ini.'

Apple MacBook ini dibekali layar retina dengan resolusi 2304 x 1440 pixel, sungguh keren, dengan layar setipis itu! Saya jatuh cinta dengan layar MacBook terbaru ini dan melihat bagaimana tipisnya bezel yang digunakan.

Lalu apakah kemudian Kamu harus memiliki MacBook terbaru ini? Baiklah mari bahas  masalah ini.
  1. Jika Kamu punya banyak uang, silakan saja beli. Untuk menaikkan gengsi Kamu, lho.
  2. Jika Kamu adalah seorang pelajar yang sangat membutuhkan laptop namun tidak ingin berat-berat bawa laptop ke sekolah maka Kamu juga harus memilikinya. Dengan catatan orang tua Kamu cukup kaya untuk membelikannya.
  3. Jika Kamu adalah seorang penulis maka Kamu harus memiliki laptop ini, selain ringan, laptop ini tentunya penuh gaya buat Kamu pake nongkrong lama-lama di cafe. Apalagi kalau Kamu belum punya MacBook sebelumnya, tapi kalau Kamu masih punya MacBook Pro saya rasa nanti saja menggantinya. Toh, walaupun MacBook ini adalah keluaran tahun 2015, beberapa spesifikasi masih dibawah MacBook Pro yang keluar tahun 2012 (FaceTime Camera nya masih 480p, sedangkan MacBook Pro 2012 sudah 720p).
  4. Jika Kamu adalah seorang photographer/videographer maka jangan beli laptop ini dengan alasan untuk sekedar gaya, lebih baik Kamu ambil MacBook Pro.
Well, pada akhirnya saya harus mengatakan bahwa Apple New MacBook adalah produk yang benar-benar keren! Saya sangat ingin memilikinya, namun saya rasa belum benar-benar membutuhkannya. Jika Kamu memang bukanlah seorang hardcore user dan belum memiliki MacBook maka belilah Apple New MacBook ini . Namun, jika Kamu adalah seorang hardcore user maka lebih baik tambahkan sedikit anggaran Kamu untuk membeli MacBook Pro.