Smart is Cool with Kurio!


Sebenarnya Saya sedikit bingung untuk mendefinisikan arti dari “Smart”, khususnya dalam kurun beberapa tahun belakangan ini. Dari dulu yang tergambar oleh Saya (atau mungkin juga Kamu) kategori seseorang smart adalah berkacamata tebal, membawa buku, dan senang menyendiri. Yup, kurang lebih secara fisik gambaran orang smart yang berkembang sejak dulu adalah orang yang rada-rada cupu. Masuk akal memang, seseorang yang terus mengasah logikanya kadang lebih sering menyendiri sehingga secara sosial dia tidak terlalu bagus. Tidak terlalu baik dalam bergaul sehingga (kalaupun ada) yang bergaul dengan “kaum pintar” ini ya mahluk yang sejenis juga dengan mereka.

Well, apakah hal ini masih relevan saat ini? Apakah benar seorang itu harus menjadi cupu dan tidak terlalu gaul dulu baru dapat dikatakan Smart? Well, sebelum menjawab pertanyaan Saya tadi sebenarnya Saya ingin Kamu melihat dulu perkembangan yang ada saat ini. Kalau Kamu lihat dan perhatikan sekarang yang namanya media sosial bukanlah hal yang aneh atau luar biasa lagi. Bahkan sebuah console game ternama sebut saja S*ny Pl*ySt*tion pada versi teranyarnya membenamkan semacam fitur sosial yang bisa membagikan screenshot gambar game yang sedang Kamu mainkan. Itu tadi adalah contoh yang sangat kecil bagaimana melihat fenomena sosial yang ada saat ini. Dimana yang tadinya seorang gamer hanya bermain untuk dirinya sendiri kini lebih luas membuka diri. Maka tidak jarang pula saat ini model permainan game yang diminati bergeser kepada model multiplayer yang mengharuskan Kamu untuk selalu terkoneksi melalui internet, ke seluruh dunia!

Apa artinya?  Secara sosial pun pengertian Smart itu telah bergeser dari yang dulunya hanya orang dengan kacamata tebal dan anti-sosial justru sekarang lebih terbuka dan bahkan sekarang kacamata tebal cupu menjadi sudah menjadi budaya pop, pun di Indonesia! Jadi, kalau Saya diizinkan memberi sebuah artian, maka Saya akan mengartikan bahwa orang yang Smart adalah orang yang mampu memanfaatkan segala sumberdaya yang dia miliki untuk membantu dirinya berkembang dan tidak ragu membaginya melalui proses sosialisasi kepada orang lain, jadi makin pudar aja tuh pandangan kalo orang Smart itu adalah orang yang anti-sosial. Berkembang juga sekarang slogan Smart is a new Sexy! Atau yang lebih mudah sih #SmartIsCool. Terbukti kok, tapi yang perlu Kamu inget, pura-pura Smart isn’t cool ya! Sengaja pake kacamata tebel padahal nggak bermata sehat, pake baju yang geeky abis padahal nggak ngerti maksudnya, sok-sok ikut hype nonton sci-fi padahal gak suka tapi karena rame jadi pura-pura suka, dll! Itu bukan cool, itu alay

Jadi gimana dong biar be smart and be cool tapi nggak alay? Ya simpel sih, membuka diri boleh tapi jangan ikut-ikutan, tetap jadi diri Kamu apa adanya, terus belajar dan mencari tahu, dan update informasi yang sekarang dengan sangat mudah bisa Kamu akses. Handphone yang Kamu pegang aja dapat sebutan smartphone, kan lucu kalau kamu nggak smart enough untuk memanfaatkan sumberdaya yang Kamu miliki itu tadi. 

Sudah lama saya senang membaca-baca artikel di internet hape Saya, dengan membuka portal berita informasi A, B, dan C. Namun melihat perkembangan yang ada, Saya mulai membaca polanya sekarang semua sumber berita itu ternyata dikumpulkan dalam satu aplikasi saja. Sungguh cerdas dan memudahkan pembaca! Diantara banyak aplikasi, saya tertarik pada sebuah aplikasi yang ada di AppStore bernama KURIO! Apa yang menarik perhatian saya? Adalah pertama aplikasi ini adalah aplikasi lokal buatan Indonesia dan desainnya keren! Banyak aplikasi sejenis yang sudah Saya coba namun menggunakan warna tampilan yang membosankan… boom! seketika itu juga Saya hapus. Tapi Kurio ini menggunakan banyak warna yang menurut Saya hal tersebut memanjakan dan menjadi daya tarik tersendiri.
Introducing... KURIO!
Selain selaras dengan tampilan antar muka di iOS, hal lain yang menjadikan Kurio ini menarik untuk amu gunakan adalah banyaknya kategori yang dapat Kamu akses dengan memilih elemen bulat di pojok kanan bawah Kurio, setelah itu akan terbuka sebuah tag berbentuk kipas dengan animasi yang smooth. Selanjutnya yang perlu Kamu lakukan hanyalah memilih kategori sesuai passion Kamu, mulai dari Technology sampai dengan Automotive dapat Kamu temui disini. Banyak dan banyak sekali! Masih belum cukup dengan tag default yang disediakan?  Tenang saja, karena setelah Kamu masuk kepada bagian explore di pojok kanan bawah, Kamu dapat menambah kategori yang Kamu inginkan. Hal lain yang patut di apresiasi dari Kurio adalah sumber berita yang juga banyak, sebut saja metrotvnews.com dapat kamu pakai sebagai sumber penyedia informasi yang nantinya akan Kamu baca.

Bentuk Tag yang Menyerupai Kipas ini Sangat Unyu!


Banyak Tag yang bisa Kamu Pilih dan Tambahkan

Lagi malas membaca artikel yang disediakan tapi sangat tertarik pada judul yang diberikan? Jagan takut, pada bagian sharing, selain Kamu dapat membagikan artikel yang Kamu baca melalui berbagai macam sosial media seperti Twitter, Facebook, dan Email. Kamu dapat melakukan Read Later  pada sebuah artikel, dan menyimpannya pada aplikasi reader seperti Instapaper atau Pocket.

Kamu dapat Menghubungkannya dengan Akun Instapaper dan Pocket
untuk Membaca Artikelnya belakangan nanti
Well, bila Kamu tertarik untuk selalu tahu dan up date dengan berita terkini dan mengembangkan pengetahuan tadi kepada orang lain, sesungguhnya Kamu adalah orang yang mewakili Smart dan Cool tadi. Tertarik mencari tahu, menyukai hal yang lengkap namun tetap simpel, dan suka dengan tampilan yang bersih dan indah? Maka Saya tidak ragu merekomendasikan kepada Kamu untuk mendownload aplikasi Kurio ini.