(Music Album Review) The Script: No Sound Without SIlence

The Script Album Cover

Kabar baik datang buat Kamu penggemar grup band pop asal Irlandia, The Script! Yup, pada kuartal ketiga tahun 2014 ini, The Script resmi melepas album keempat mereka yang diberi judul No Sound Without Silence. Menurut vokalis The Script, Danny O’Donoghue, album ini adalah prekuel dari album pertama mereka. Dalam album keempat ini sepertinya mereka ingin memantapkan kesuksesan album ketiga mereka #3 yang rilis pada tahun 2012 lalu. Lalu apa sajakah yang The Script hadirkan di album ini?

Album ini dibuka dengan trek pertama yang berjudul No Good in Goodbye yang dari lirik dan warna lagunya saja kita bisa mengetahui bahwa lagu ini memang memiliki keterkaitan yang sangat dekat dengan lagu-lagu The Script pada awal karir mereka. Dilanjutkan dengan trek kedua yang mungkin sudah akrab buat Kamu karena trek ini memang dilepas lebih dulu sebagai hits single dari album ini, yup, Superheroes! Pada 10 detik awal lagu ini Kamu akan merasakan sesuatu yang baru dari The Script, mereka menonjolkan instrumen piano yang seingat Saya baru kali ini mereka lakukan. Setelah pembukaan instrumen piano di 10 menit awal, pada menit ke-11 lagu dibuka dengan vokal dari Danny disambut dentuman drum dan masuknya instrumen lain, The Script banget! Dari judulnya Kamu bisa menebak bahwa tema lagu ini mirip-mirip dengan trek Hall of Fame, yaitu tentang keyakinan terhadap diri seseorang yang sedang mengusahakan impian, harapan, dan mimpi-mimpi mereka dan untuk terus memperjuangkannya. Coba simak sepenggal lirik yang benar-benar provokatif ini, When you’ve been fighting for it all your life / You’ve been struggling to make things right / That’s how a superhero learns to fly / Every day, every hour / Turn the pain into power.

Saat ditanya, beberapa orang mungkin akan mengingat The Script untuk lagu-lagu gagal move on-nya. Ya, saya akui The Script seringkali membuat orang jatuh galau dan gagal move on dengan lagu-lagunya, pun di album ini, mereka menghadirkan sebuah trek melankolis yang akan membuat kamu berpikir akan indahnya masa lalu dan terhanyut olehnya… trek itu berjudul  Man on a Wire dengarkan trek ini sambil memejamkan mata, maka Danny O’Donoghue akan membuat Kamu jatuh galau dan ujung-ujungnya gagal move on, saya menyebut trek ini sebagai The Man Who Can't be Moved versi baru.

Yes, we're back and ready to make you "Galau"!

Tenang saja, Danny, dkk tidak akan membuat Kamu galau berkepanjangan, karena begitu Kamu sampai di trek ke-4 ada It’s Not Right for You dan The Energy Never Dies di trek ke-5 yang sedikit naik tempo nya, sedikit membawa nuansa ala Imagine Dragons, namun tenang saja The Script bukanlah band yang baru terbentuk kemarin, ada ciri khas tersendiri yang tak bisa dilepas bahwa sesaat mendengar saja kita tahu bahwa kita sedang mendengar The Script, dikarenakan liriknya yang dalam dan menambahkan rap pada lagunya. Di trek ke-5 yang berjudul Flares, The Script membawa kita kembali ke nuansa yang menghanyutkan jiwa pendengarnya, hal yang sama Saya rasakan begitu mendengar trek Army of Angels, Never Seen Anything “Quite Like You” dan Without Those Songs.

Jangan lewatkan trek Paint the Town Green dimana The Script kembali menonjolkan racikan lagu yang membuat mereka sukses hingga saat ini, nuansa pop-rock yang ditambahi imbuhan rap. Seolah tidak cukup, Hail Rain or Sunshine hadir di trek ke-11 sekaligus trek penutup pada album ini hadir dengan nuansa folk yang sangat kental, sungguh nyaman untuk didengar dan membuat kamu sing along saat sendiri atau bersama teman-temanmu.

Well, tidak diragukan lagi No Sound Without Silence akan mengobati kerinduan penggemar The Script yang telah menantikan album baru mereka. Tidak ada keraguan saat mendengar album ini seketika kamu akan berkata, YEAH THIS IS THE SCRIPT! Lengkap dengan segala ciri khas yang pernah mereka hadirkan di awal karir mereka dulu ditambah sedikit ramuan baru yang terasa pas dan tidak jauh-jauh dari nuansa yang bisa membuatmu jatuh galau, The Script akan membuatmu jatuh cinta dengan album ini!

Beli dan Download Albumnya Disini (iTunes Link, Rp 65.000,-)

TRACKLIST
  1. “No Good in Goodbye” 5:07
  2. “Superheroes” 4:05
  3. “Man on a Wire” 4:05
  4. “It’s Not Right for You” 4:24
  5. “The Energy Never Dies” 4:15
  6. “Flares” 3:49
  7. “Army of Angels” 3:58
  8. “Never Seen Anything “Quite Like You”" 3:22
  9. “Paint the Town Green” 3:31
  10. “Without Those Songs” 3:46
  11. “Hail Rain or Sunshine” 3:27