Mengenal Apple Pay Lebih Dekat


...ya begitulah tulis Saya beberapa hari yang lalu saat selesai menyaksikan Apple Event, September 2014. Well, setelah desain iPhone 6 dan 6+ yang sudah bocor kemana-mana, saya sedikit kecewa sebenarnya dengan beberapa Keynote Apple akhir-akhir ini, entahlah seperti tidak ada kejutan saat menyaksikannya. Aaaah... tapi tidak apa, Apple selalu punya cara untuk membuat publik terperangah. Well, kalau pada WWDC lalu saya terperangah melihat demo bahasa pemrograman baru (Swift) kali ini saya dibuat takjub dengan inovasi yang dihadirkan Apple dalam fitur yang diberi nama Apple Pay.


Apa itu Apple Pay?
Well, Apple Pay pada intinya adalah pengganti kartu kredit atau debit dimana data kartu Kamu akan tersimpan di Passbook dan menggunakan fitur NFC (Near Field Communication) untuk memindai perangkat iPhone 6 atau 6 Plus Kamu sebagai alat pembayaran. Jadi, yang perlu Kamu lakukan saat bertransaksi ya tinggal pakai iPhone saja, gaperlu repot membuka tas - mencari dompet - mengeluarkan kartu debit - memasukan PIN lagi.

Memang sih, bukan hal yang baru, Google sudah menciptakan hal tadi di tahun 2011. Well, tapi pada kenyataannya teknologi jadul tersebut tidak begitu populer atau belum terlalu membumi, seakan seluruh pasar menunggu-nunggu Apple untuk menciptakan hal yang sama, ya, banyak toko online di AS sana yang mulai mendukung integrasi iPhone dan pembayaran dengan sistem Point of Sales, saya sangat yakin hal ini bahkan akan terus meluas-meluas-dan meluas bahkan hingga sampai ke Indonesia mungkin 2 atau 3 tahun lagi, mungkin lho ya, bisa aja lebih lama. Huhuhu...

Apa yang membuat Apple Pay ini luar biasa?
Integrasinya dengan Touch ID. Ya, Touch ID mulai menunjukan taringnya disini, menjadi sebuah fitur yang lebih kaya daripada sekedar "pemindai sidik jari"! Dengan Touch ID semua enkripsi yang diberikan dari setiap melakukan transaksi datanya akan secara otomatis tersimpan ke Secure Element, yang ada di dalam chip di iPhone milikmu, artinya data itu tidak kemana-mana atau tidak lari ke server Apple (Apple tidak akan pernah tahu data kartu kredit/debit Kamu). Pembayaran dengan Apple Pay yang ada pada iPhone 6, iPhone 6+, dan Apple Watch sangatlah mudah dan aman, Kamu tidak perlu ragu lagi bertransaksi karena takut diintip saat memasukkan PIN, atau repot-repot mengeluarkan dompet, yang perlu dilakukan tinggalah mengambil iPhone dan menempelkan sidik jari Kamu untuk melakukan pembayaran, cool! Well, sekali lagi Saya tekankan, pembayaran dengan NFC mungkin bukan teknologi yang benar-benar baru, Aple Pay yang terintegrasi dengan Touch ID tampaknya akan membuat sistem seperti ini populer, selayaknya pada tahun 2007 lalu Apple mempopulerkan kembali apa yang sebelumnya telah diciptakan, yaitu penggunaan layar sentuh dan menghilangkan stylus pada smartphone.


Apple berhenti berinovasi? Sebagai orang yang nge-fans dan menggunakan produk Apple, sekaligus membenci Apple karena banyak menciptakan trend negatif pada beberapa kalangan saya tidak setuju dengan kalimat tersebut, tunggu saja beberapa tahun lagi, Apple akan kembali membuat populer apa yang sudah diperkenalkan Google di tahun 2011 lalu. Ya, Google memang menciptakannya, tapi dunia menunggu Apple untuk hal yang sama dan baru beralih kemudian. It's like 2007 all over again!
Saya akan menutup dengan mengutip kalimat yang sangat sering diucapkan Tim Cook, "Only Apple..."