Stop Penggunaan OS Bajakan, Yuk Beralih ke Open-Source System!


Hail, Technologeeks!


Masih adakah dari Kamu yang menggunakan Windows bajakan atau pengolah data yang juga bajakan? Tahu atau setidaknya pernah dengar istilah FOSS? Belum? Jadi, FOSS itu adalah kependekan dari Free and Open-Source Software atau bisa juga kita sebut dengan sebuah perangkat yang menjalankan sistem operasi yang gratis (free) dan terbuka (open). Free, artinya sistem operasi tersebut dapat kita miliki secara cuma-cuma, dan Open kita dapat menjalankan program apa saja, mempelajari dan memodifikasi program tersebut, serta mendistribusikan program yang asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar. 

Contoh sistem operasi yang sifatnya open dan cukup populer adalah Linux dengan Ubuntunya, dan masih banyak lagi! Pernah dengar juga yang namanya ElementaryOS? Nah! Kamu bisa coba, saya sudah membahas cukup banyak mengenai ElementaryOS disini, disitu sangat jelas bahwa jika Kamu menggunakan ElementaryOS atau Ubuntu, misalnya, Kamu tidak perlu lagi dipusingkan dengan namanya Instal Ulang seperti yang sangat akrab dilakukan oleh pengguna Microsoft. 

FOSS juga sangat cocok untuk perusahaan. Tujuannya, hemat anggaran! Ya, sekali lagi saya tekankan... GRATISSSS! Untuk aplikasi pengolah data juga ada yang sifatnya open, namanya LibreOffice, tampilannya cantik & sederhana, jadi Kamu tidak perlu takut bingung menggunakannya... jadi, kalau saat ini kamu masih menggunakan Windows dan Microsoft Office yang bajakan, saran saya adalah STOP! Beli yang original dengan konsekuensi harga yang tidak murah, atau ganti semua dengan sistem yang sifatnya terbuka tadi, GRATIS!

LibreOffice!


Download ElementaryOS Luna, Gratis!

This is UBUNTU... and it's Free!
Siapa bilang Kamu gabisa main games di Open-Source OS?

Download Ubuntu, Gratis!

Apa alasan Saya menuliskan ini? Jawabannya karena Saya muak, Saya muak melihat banyak kantor yang notabene adalah sebuah kantor dari perusahaan yang cukup besar dan/atau malah kantor pemerintahan yang ada komputernya tapi disitu terinstal operating system BAJAKAN! Miris. Iya, Saya tau harga sebuah OS Windows yang asli lumayan tinggi, bisa diatas Rp. 3.000.000,- Kalau memang mampu ya beli dong yang original, atau kalo itu memberatkan Kamu ya kalau bisa dihindari pemakaian software bajakan, toh alternatifnya ada kok dan nggak kalah, malah bisa dibilang lebih baik (CMIIW, Saya gak pernah sih dengar ada pengguna Ubuntu yang terserang virus dan kehilangan datanya, see?). Kenapa Windows bajakan dari dulu marak di negara kita? Jawabannya karena dari dulu orang taunya kalo komputer ya harus Windows dan pengolah data harus Microsoft Office, nope! Ada banyak sekali sistem operasi selain Windows yang bisa Kamu coba, tapi Saya merekomendasikan Ubuntu atau mencoba ElementaryOS Luna, karena keduanya banyak penggunanya itu artinya kalau Kamu ada masalah atau ada yang gak ngerti Kamu bisa cepat mendapat respon dari komunitas, asyik kan? Jadi, apa alasan masih pake Windows dan Office bajakan?