Percakapan di Sebuah Forum Pencinta Apple


Berikut percakapan Budi dengan seorang Penanya (yang selanjutnya akan disebut sebagai X) di forum yang isinya membahas segala hal tentang Apple:

X: Gue mau tanya nih. Gue kerja sbg pegawai, yang jam masuknya jam 8-18, di kantor gak begitu sering butuh laptop, jarang bgt butuh laptop. Palingan laptopnya buat online di luar jam kerja dan nge-game. Jadi gue pengin beli produk Apple nih, antara MacBook Air atau MacBook Pro. So menurut agan, MBA/MBP yang cocok untuk gue? Masalah budget sih no problem, yg mana aja bisa, cuma didiskusikan lagi, biar gak sia-sia duitnya (KATANYA “MASALAH BUDGET NO PROBLEM”?), nanti dibeli spek tertinggi tapi kemampuannya jarang dipake kan sayang, jadi pengin spek yang cukup untuk melayani kebutuhan gue aja, biar apa yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Budi: MacBook Pro aja deh kalau masalah budget "no problem" tapi kalau cuma dipakai online atau game ya sayang aja gitu. Soalnya saya sendiri pakai MBPro buat design dan nulis sih. IMHO nih ya lini produk Mac itu emang asik dipake kerjaan kayak nulis, nggambar, editing/making video gitu... agak sayang aja gitu mungkin bs cari alternatif lain selain Apple kalo cuma mau dipake buat game dan online. (Intinya, disini Budi mau bilang, KALO CUMA BUAT ONLINE-ONLINE DOANG ATAU MAIN GAME SIH PAKE ACER JUGA UDAH LEBIH DARI CUKUP!!!)

X: Tapi penginnya brand Apple, Bro. (Waduh, susah nih kalo udah gini!)

Jadi, apa yang ingin Saya katakan adalah Apple tidak memaksa Kamu membeli produk mereka, percayalah. Saya sedih melihat fenomena sosial (di Indonesia khususnya) yang banyak terjadi sekarang ini, orang-orang pakai produk Apple supaya kelihatan keren, dan sebagainya. Saya tidak mempermasalahkan tingkat ekonomi sesorang disini, kalau kamu mampu ya sila-silakan saja membeli semua yang Kamu inginkan, tapi… tidak bisakah kita merubah budaya konsumtif dan minder yang menggerogoti bangsa kita ini? Kalo mau show-off, mari kita sama-sama berkarya untuk Indonesia, ah tidak, minimal untuk kepuasan diri kita sendiri saja dulu. :))