Beberapa Update Penting dari Apple dalam WWDC 14


Semalam, atau tepatnya pagi hari waktu San Fransisco, Apple melaksanakan hajatan akbarnya untuk menghormati para developer yang diberi judul WWDC14. Nope... tidak ada perangkat baru yang dihadirkan Apple kali ini, perangkat seperti jam tangan pintar, misalnya, no. Apple menggebrak World Wide Developer Conference 2014 ini dengan sebuah video yang menceritakan bagaimana seorang developer dengan menulis kode dan dengan developer tool kits mereka membawa kehidupan yang lebih indah kepada orang lain. Video tersebut kemudian dilanjutkan dengan hening yang panjang dan tepuk tangan meriah para developer yang hadir saat itu. Sebuah awal yang menurut saya manis, dimana Apple akan membawakan sebuah Keynote dengan waktu dua jam kepada para developer yang hadir dan/atau semua pelanggan diseluruh dunia yang menonton secara Live Streaming.

Banyak rumor yang berkembang sebelum acara ini, tapi saya rasa kali ini Apple lebih berfokus ke sektor software, dimana  dengan hadirnya OS X 10.10 Yosemite dan iOS 8 membuat perangkat desktop menjadi seakan sulit untuk dipisahkan dan juga sejumlah alat yang ditujukan untuk pengembang diperkenalkan demi memungkinkan penciptaan beberapa aplikasi baru yang mumpuni. Misalnya saja sebuah bahasa pemrograman baru, Swift. (Well, I Don’t really know about that-geeky-things).

Swift. Only for Developer.
Well, setidaknya ada beberapa hal penting yang diperkenalkan Apple semalam, diantaranya adalah sebagai berikut… Lanjut!

OS X YOSEMITE


OS X 10.10 atau OS X Yosemite [yo-sem-it-tee] adalah sebuah sistem operasi baru dari Apple yang akan keluar dalam bentuk finalnya dan dapat di download secara gratis musim gugur ini . 

Tampilan Baru
Versi terbaru dari OS X ini mengalami perombakan total secara visual, dimana tampilannya mengikuti tampilan dari iOS yang datar, banyak transparansi, hampir tidak ada gradien dan tekstur-tekstur tertentu dalam Yosemite ini. Hal ini membuat Mac milikmu terlihat sangat elegan dan modern.

Notification Center dan Widget
Apple merubah Notification Center pada OS X sangat identik dengan Notification yang ada pada perangkat iOS. Dan juga ini kali pertamanya Apple menambahkan widget untuk aplikasi pihak ketiga, yang membuat Notification Center yang pertama dihadirkan pada Mountain Lion terasa begitu segar dan berbeda dari sebelumnya.


Peningkatan Kemampuan Spotlight
Jika Kamu pernah menggunakan Alfred, kali ini Apple hadir dengan update pada sektor Spotlight dengan menambahkan fitur seperti yang ada saat Kamu menggunakan Alfred. Kamu dapat dengan cepat meluncurkan aplikasi hanya dengan mengetikkan beberapa huruf pertama , isi dokumen lokal (lengkap dengan previewnya) , dan mencari segala sesuatu tadi secara Online.


Safari dengan Desain dan Kemampuan Baru
Desain Safari juga banyak mengalami perubahan dan tweak-tweak tertentu. Desain address bar yang lebih pendek, desain tombol yang identik dengan Safari pada iOS, dan juga Apple sengaja mengakali jikalau Anda bekerja dengan banyak tab pada jendela browser dengan masuk kepada menu “bird’s eye” melalaui submenu pada Tab View.

Bird's Eye View
Mail’s Markup
Apa itu? Adalah sebuah tweak pada Mail App yang membuat kamu dapat mengedit atau memberikan tambahan pada gambar yang dijadikan attachment sehingga fitur ini sedikit mengingatkan pada Skitch App, namun bedanya kali ini kamu tidak perlu berpindah-pindah aplikasi.



iCloud Drive
Apple memperkenalkan iCloud Drive, sebuah sistem yang cara kerjanya mirip file Dropbox. iCloud Drive akan membuat segala sesuatu yang telah Kamu simpan dalam iCloud Drive dapat diakses melalui Finder, termasuk file dari aplikasi iOS.

AirDrop Antara iOS dan Mac
…akhirnya! Fitur yang menurut saya sangat berguna dan menjadikan hubungan antara iOS dan Mac menjadi lebih indah lagi.

Melakukan Panggilan Telepon dan SMS Langsung dari Mac
Dengan Yosemite dan mengintegrasikannya dengan iOS milikmu, kini Kamu dapat mengirim SMS, melakukan panggilan, dan menerima  telepon langsung dari Mac, jadi kalaupun kamu sedang mengecas iPhone milikmu dan lokasinya berada di ruangan lain tempatmu bekerja, kamu akan tetap tahu kalau ada SMS/Telepon masuk.


iOS 8

Notification yang Intereaktif
Mirip pada perangkat Android atau Tweak pada Cydia, Apple sekarang memungkinkan Kamu merespon langsung pesan dari Pemberitahuan pandangan dan layar kunci, jadi kamu tidak harus berpindah aplikasi. 

Peningkatan Kemampuan Spotlight
Kekuatan pencarian Spotlight ini ditingkatkan dimana Spotlight dapat mencari kata yang berada di luar aplikasi dan kontak yang sudah ada di perangkat iOS Kamu. Bahkan ia mampu menunjukkan segala sesuatu dari film sampai lagu yang tersedia di iTunes, untuk jadwal film di bioskop terdekat, dan artikel dari Wikipedia.

Peningkatan Kemampuan Keyboard 
Apple kini menyediakan Keyboard yang sifatnya prediktif  yang mampu mempuat saran auto-complete yang cerdas. Fitur baru ini disebut QuickType.



Update Messages App
Messages App adalah aplikasi yang paling sering digunakan pada iOS, dan kini hal itu mendapatkan update besar di iOS 8 . Salah satunya yang terbesar adalah kin Messages App memungkinkan kamu untuk melakukan audio atau video call secara lebih mudah dan cepat.

iCloud Drive
iCloud Drive, memiliki fitur yang sama dengan yang ada pada OS X sehingga kamu dapat mengawinkan perangkat Mac dengan iOS kamu secara penuh. dimana dengan adanya fitur ini memungkinkan Kamu untuk membuka dokumen dari satu aplikasi di dalam aplikasi lain yang kompatibel.



HealthKit
iOS 8 menambahkan fitur HealthKit, sebuah aplikasi untuk melacak data kesehatan dan kebugaran pribadi. Di mana pemilik iPhone dapat memantau metrik kesehatan yang penting setiap harinya, dan juga memeriksa tren kebugaran mereka selama jangka waktu yang cukup panjang hanya melalui iPhone.


Family Sharing
Family Sharing adalah fitur baru yang akan mengizinkan hingga enam anggota keluarga menggunakan pembelian yang telah dilakukan pada iTunes, selama masing-masing akun terkait dengan kartu kredit yang sama.

Upgrade pada Photos App
Photos App yang ada di iOS 8 kini memungkinkan Anda melihat dan mengedit gambar  yang ada pada perangkat iPhone atau iPad kamu, dan mampu membaginya dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Siri yang Lebih Pintar
iOS 8 juga memberikan Siri beberapa kemampuan baru. Salah satunya adalah integrasi Shazam yang akan membuat Siri mengidentifikasi setiap lagu yang didengarnya, Siri juga kini dapat diaktifkan dengan menguapkan, “Hey, Siri!”.


So sad for iPhone 4 users. Well, I guess it's the best time for you to buy a new iPhone. Sementara itu, masih ada satu fitur lagi dan ini yang menurut saya paling keren tapi tampaknya belum bisa dinikmati orang Indonesia secara umum. 

iPHONE DAPAT MENGONTROL RUMAH KAMU! 

HomeKit akan memungkinkan iPhone untuk mulai mengendalikan perangkat pintar yang terintegrasi, seperti misalnya pembuka pintu garasi, lampu, dan kamera keamanan. Itu semua juga bisa dikontrol melalui Siri: hanya dengan mengatakan, "Bersiap-siap untuk tidur!” dan rumah Anda secara otomatis bisa meredupkan lampu dan mengunci pintu. Keren banget!

Dengan update besar pada lini software ini saya kira menjadikan hubungan antara Mac dengan iDevices semakin erat saja dan semakin sulit untuk memisahkan keduanya. Well played, Apple! Well played!


...oiya jangan lupa, semua update ini akan tersedia secara GRATIS mungkin sekitar bulan Sptember nanti, kalau dari kebiasaan terdahulu sih rilis resminya biasanya bersamaan dengan peluncuran produk terbaru (iPhone 6?). Sekali lagi, pada Keynote kali ini penampilan Craig Federighi diatas panggung begitu menjadi pusat perhatian, ya, setelah Steve Jobs, saya rasa cuma Craig yang membuat saya tidak bosan menonton presentasi dalam setiap Apple Events dengan jokes yang seringkali dilemparnya. Where's Jony Ive?