Konsep-konsep yang Jauh Beredar Sebelum Steve Jobs memperkenalkan iPad Pertama

Tidak seorangpun yang benar-benar tahu seperti apa produk Apple yang akan hadir  kemudian, tapi hingga saat ini tidak sedikit juga orang-orang yang mencoba menebak-nebak produk Apple yang akan datang dengan membuat mock-ups akan hal tersebut… setidaknya hal itu telah terjadi sejak satu dekade lalu.

Kalau saat ini Kamu akan melihat puluhan konsep iPhone 6 yang bertebaran di beberapa laman web, sebenarnya jauh sebelum itu  sebelum iPad generasi pertama diumumkan Apple pada tahun 2010 hal serupa juga pernah terjadi, bahkan sejak tahun 2004!

Steve Jobs memperkenalkan iPad Pertama pada Tahun 2010

Tidak mengherankan, sebagian besar konsep awal dan foto terlihat hampir tidak seperti iPad yang kita kenal sekarang. Kebanyakan desainer dan spekulan bermimpi sebuah iPod Touch besar atau sebuah MacBook tanpa keyboard dan berlayar sentuh. Berikut ini adalah beberapa konsep yang paling populer  terkait produk iPad dari tahun 2004 hingga awal tahun 2010.

iPad Tua?


Mockup iPad lawas ini membawa kita kembali ke tahun 2004, bahkan jauh sebelum gosip  terkait pengembangan tablet Apple dimulai. Hampir segala sesuatu tentang konsep ini, yang ditemukan dalam sebuah forum MacRumors oleh The Next Web, benar-benar salah. Kecuali namanya.

Well... setidaknya yang ini sedikit mirip.


Ini adalah konsep iPad yang dibuat oleh Yesus Diaz di Gizmodo berdasarkan berbagai rumor dan kebocoran pada saat itu. Konsep ini terlihat lebih mirip sebuah iPod Touch dengan ukuran besar, tapi setidaknya konsep ini sedikit mendekati konsep iPad modern dibandingkan konsep-konsep lainnya.

Pada saat itu, foto ini membuat orang yakin beginilah bentuk iPad!


Tidak berlebihan. Ketika foto ini membuat banyak orang berterimakasih kepada blog French Nowheerelse.fr pada tahun 2009, karena memang saat itu banyak orang, termasuk orang-orang ke Engadget, yakin bahwa ini memang hal yang nyata. Kita tidak bisa menyalahkan mereka karena tertarik-Nowhereelse.fr memiliki track record yang solid untuk mengambil Apple bagian dalam internal Apple bahkan hari ini. Kebocoran di atas segera terbukti tidak akurat lama setelah itu diterbitkan.

The MacBook Touch


Berdasarkan konsep iPad lawas yang dilihat, ini tampaknya menjadi konsep yang sangat umum pada saat itu. Banyak spekulan percaya tablet Apple hanya akan menjadi layar sentuh MacBook keyboardless menjalankan OS X.

iPad dengan DVD player


Yang satu ini bahkan bisa memutar DVD... konsep lawas lainnya dari sebuah iPad adalah membayangkan sebuah alumunium dengan antarmuka Mac dan optical drive.

The MacView


Konsep ini diciptakan oleh Patrycjusz Brzezinski pada awal 2010 yang membayangkan sebuah iPad dengan layar utama dan layar sentuh kedua yang dapat digeser keluar sebagai keyboard.

Tablet Mac lainnya... 


Lagi-lagi sebuah konsep lainnya yang menunjukkan tablet Apple yang menjalankan OS X. 

iPad dengan speaker besar...


Mockup ini dibuat pada awal 2010 terlihat seperti hanya membongkar sebuah MacBook Pro dan mengambil layarnya. Apa yang membuatnya berbeda, bagaimanapun, adalah grill speaker terlihat duduk tepat di bawah bezel bawah. 

The Mac Air


Konsep ini beredar dari tahun 2008 yang cukup mirip dengan seperti apa sebenarnya iPad generasi pertama, tapi tampaknya secara substansial lebih tebal daripada tablet pertama Apple. Enrico Dal Pezzo, seorang pembuat konsep, menyebut desain ini Mac Air. 

iPad yang benar-benar slim… 


Ini diklaim sebagai bocoran foto dari tablet Apple pada awal tahun 2010. Tidak benar-benar banyak elemen di sini selain layar, tapi seperti terlihat dalam foto, benda terlihat cukup ramping nyaris tanpa bezel.

...in the end, semua konsep diatas memang menyerupai bentuk iPad, tapi inilah iPad, bukan MacBook ataupun iPod berlayar besar yang diperkenalkan Steve Jobs pada tahun 2010 lalu:



Diatas tadi, adalah beberapa foto yang sempat beredar sebelum peluncuran iPad pertama pada tahun 2010 oleh Steve Jobs. Yup... siapapun boleh saja kan berspekulasi, bahkan saat ini ketika tahun lalu Apple meluncurkan iPad Air, saya seakan merasa deja vu dengan melihat ternyata konsep-konsep iPad yang menyerupai MacBook banyak beredar, salah satunya mungkin kamu pernah tahu adalah konsep iPad Pro yang dibuat Ramotion.


Bagaimana menurutmu, apakah Kamu menyukai konsep iPad dan beberapa rendering produk Apple yang beredar belakangan ini?

Must Read