Alasan Mengapa Justice League Hanya Akan Menjadi Sebuah Mimpi Manis

Bagi kamu yang hanya mengikuti perkembangan DC vs Marvel dari filmnya mungkin sadar bahwa Justice League (DC) saat ini tidaklah sepopuler kelompok superhero milik Marvel, The Avengers. Tapi, dulu saat ada suatu masa Justice League adalah kelompok superhero yang bahkan lebih tenar dibanding The Avengers, mau bukti? Dulu, ANTV sempat memutar serial Justice League, bukan? Pernahkah kamu melihat serial The Avengers di TV Nasional?

Setelah menyaksikan film Captain America: The Winter Soldier beberapa pekan lalu, banyak pertanyaan yang muncul dalam benak saya salah satunya adalah bahwa Marvel telah melakukan hal yang luar biasa dan menjadikan film solo dari beberapa karakter hero mereka semacam jembatan untuk mengumpulkan mereka dalam satu layar kaca dan entah mengapa DC tidak bisa membuat jalan cerita yang berhubungan juga untuk membuat proyek keren seperti Marvel dengan The Avengers-nya (What I Mean is... Justice League! Come on You, DC!). Aaaah... Tampaknya proyek Justice League hanya akan menjadi mimpi manis bagi penggemar superhero DC, mengapa? Berikut berapa opini dari saya, Kamu boleh menambahkan di kolom komentar kalau memang ada alasan pembenar lain. Selamat membaca!

The Avengers vs Justice League (?)

Marvel Telah Unggul Terlalu Jauh

Bila kita kembali mengingat kebelakang sekiranya 4 tahunan lalu, saat itu pertarungan antara Marvel dan DC masih terbilang cukup imbang. Setidaknya ada dua kali perang antara Marvel Cinematic Universe (MCU) melawan DC pada tahun 2008 lalu, dimana Marvel yang saat itu hampir saja bangkrut  merilis dua film di musim panas yang membuka MCU mereka: Iron Man dan The Incredible Hulk. The Incredible Hulk yang dirilis ini dapat dikatakan Hulk Versi Baru yang sukses membuat orang melupakan Hulk sebelumnya versi Ang Lee yang masih dicibir orang sampai sekarang... sementara Iron Man, akan dikenang selamanya sebagai sebuah awal dari penciptaan proyek super besar dari Marvel. Saat itu MCU (Marvel Cinematic Universe) masih berada pada tahap awal penciptaannya sehingga semuanya masih terasa belum matang, dan saat itu juga DC lah yang menjadi pemenang pertarungan dengan merilis salah satu film terbaik sepanjang masa... Batman: The Dark Knight!

Pertarungan Marvel vs DC selanjutnya terjadi pada tahun 2012 dimana saat itu DC yang mengandalkan Christopher Nolan dan Manusia Kelelawarnya tidak mampu membendung kesuksesan yang dilakukan Marvel dengan sekuel Iron Man, peluncuran Thor dan Captain America, ditambah dengan rilisan The Avengers yang merupakan puncak kesuksesan dari MCU yang secara pendapatan mampu mengalahkan pamungkas dari trilogi Batman: The Dark Knight Rises.

MCU Timeline

Sepertinya DC sekarang terlalu takut untuk melakukan konfrontasi melawan kedigdayaan dari Marvel, mengingat kekalahan yang ada cukup besar sehingga para petinggi Warner Bros seakan berpikir berjuta-juta kali dulu untuk strategi apa yang harus mereka pakai. Ditambah lagi tanggal 6 Mei 2015 adalah tanggal yang sudah ditetapkan oleh Marvel sebagai tanggal peluncuran film The Avengers selanjutnya... Age of Ultron! Ya... mungkin DC sudah minder duluan dengan kesuksesan Marvel maka sampai sekarang mereka kelabakan akan proyek Justice League yang sebenarnya sudah sangat ditunggu pecinta komik DC untuk difilmkan.

Aktor dari DC Sudah Berumur saat Nanti Film Justice League Siap Dibuat

Entah apa yang ada dipikiran para petinggi DC dengan tidak memperhitungkan usia aktor dan artis mereka. Man of Steel lalu saja mengalami penundaan selama 6 bulan dan sekarang sekuelnya bahkan tertunda sampai setahun lamanya. Total sudah 1.5 tahun yang dibuang DC secara sia-sia. Bagaimana mungkin waktu yang sudah berlalu itu dapat dikembalikan lagi untuk melakukan peremajaan kepada bintang mereka misalnya Henry Cavill dan Amy Adams. 
  • Cavill akan berusia 33 tahun pada tahun 2016 nanti saat sekuel Man of Steel  akan dirilis.
  • Gal Gadot yang direncanakan akan memerankan Wonder Woman saat ini usianya sih masih 28 tahun tetapi tiga tahun nanti ia akan berusia 31 tahun. 
  • Amy Adams bahkan akan berusia 42 tahun! 
  • Ben Affleck misalnya, sekarang sudah berusia 41 tahun dan ia akan berusia 44 tahun nantinya ketika Batman VS Superman akhirnya dirilis. 
Saya masih muda kok...

Angka-angka diatas adalah jika kita menghitung tahun yang direncanakan untuk rilis yaitu tahun 2016 dimana film Batman vs Superman direncanakan akan dirilis. Bukankah kita masih harus menunggu film solo Wonder Woman dan lainnya dulu? Apakah DC mampu mengebut semuanya paling cepat satu tahun satu film untuk berpacu dengan umur para aktor dan aktris mereka sehingga film Justice League akan menjadi kenyataan? Saya tidak yakin.

DC Kebingungan Akan Jalinan Cerita dari The Justice League

Saat Marvel Cinematic Universe pada 2008 dulu diperkenalkan oleh Marvel dan The Avengers melakukan tugasnya dengan sangat baik sebagai sebuah first punchline,  DC juga pernah mencoba untuk merilis film Justice League, namun syuting yang dilakukan berhenti ditengah jalan dan film tersebut batal karena semuanya bingung akan jalan cerita dan garis besar filmnya, mengingat dibawah tahun itu tidak ada film dari DC yang difilmkan dan sukses dan memiliki jalinan cerita yang kuat, hanya Batman Begin lah satu-satunya potensi kuat dari DC saat itu, namun tidak didukung film-film lainnya, Superman Returns? Pfffft, lupakanlah!

Padahal DC dikenal sangat suka melakukan reboot untuk setiap cerita yang ada di dalam komiknya, alasannya simpel, yaitu agar ceritanya terus fresh dan mudah untuk diikuti pembaca (pemula?). Tahun 2011 lalu adalah salah satu buktinya, DC kembali melakukan reboot nya, dan hal tersebut sangat berpengaruh khususnya pada kelompok superhero mereka: Justice League. 

Geoff Johns pada lah yang ditugasi oleh DC untuk mengumpulkan superhero terbaik dalam satu grup dan hasilnya adalah satu kelompok superhero yang terdiri dari: Superman, Batman, Wonder Woman, Green Lantern, Cyborg, dan Aquaman. Hasilnya pun sangat luar biasa. Apa yang dilakukan Johns dalam komik pun tidak tanggung-tanggung karena ia tahu bagaimana harus mengeksplorasi relasi tiap karakter yang ada tanpa membuat bingung pembaca. Melihat hal ini, seperti sebuah ketimpangan besar mengapa sampai sekarang hal tersebut membuat DC tak kunjung mampu menyatukan superhero mereka tersebut.

Coba bandingkan dengan bagaimana yang telah dilakukan Marvel ketika pertama kali menggadang proyek The Avengers, dimana Marvel mampu menyatukan Captain America yang ceritanya berlatar pada Perang Dunia II dengan dunia modern ala Iron Man dan juga dunia yang bahkan sangat jauh  keberadaannya dimana Thor berasal. Proyek The Avengers sebenarnya bukan tanpa masalah, sebelum proyek ini benar-benar digarap, sebenarnya Marvel hampir mengalami kebangkrutan dimana saat itu Marvel sampai menjual aset-aset kepada perusahaan lain. Maka tidak heran kalau beberapa superhero dari dunia komik Marvel dimiliki beberapa studio yang berbeda, misalnya X-Men yang diambil alih oleh 20th Century Fox dan Spiderman yang dimiliki oleh Sony. Hal yang tidak mudah bagi Marvel saat itu, mau tidak mau mereka harus bangkit dengan memulai studio mereka sendiri dari awal, caranya adalah dengan memilih superhero mereka untuk ditampilkan di layar lebar, seperti yang telah saya katakan sebelumnya, maka dirilis lah film Iron Man pertama dengan Robert Downey, Jr sebagai Tony Stark. Berlanjut kemudian, Marvel merilis The Incredible Hulk. Setelah sebelumnya memunculkan sosok Nick Fury di film Iron Man pertama di film Incredible Hulk ini muncul sosok Tony Stark membuktikan bahwa dengan kesuksesan Iron Man pertama, Marvel jadi percaya diri untuk maju terus dengan proyek The Avengers-nya. Maka, jadilah di setiap film Marvel semisal Iron Man 2, Thor, dan/atau Captain America selalu muncul hints untuk proyek The Avengers ini untuk membuat fans semakin tidak sabar dan menanti film The Avengers, maka... boom! Film The Avengers adalah puncak kesuksesan Marvel tahap pertama. Mengapa saya bilang tahap pertama? Oh, come on! Marvel masih akan terus berlanjut, mereka telah menjanjikan The Avengers: Age of UltronAnt-Man bahkan Guardians of the Galaxy.

Coming Soon (?)

Hey, DC!!! Ayolah, apa kalian harus me-reboot ulang (lagi) semuanya karena bingung harus memulai cerita darimana untuk membuat proyek Justice League?

Kita nggak akan pernah bersatu di bioskop... Hiks!

Yup... Mungkin selamanya Justice League hanya akan dapat menjadi mimpi indah untuk difilmkan dan melihat Superman, Batman, Wonder Woman, Green Lantern, Cyborg, dan/atau Aquaman dalam satu layar kaca adalah hal yang tak akan pernah kesampaian. 

1 comment:

  1. taun 2017 akhirnya release.. just like dream come true rait...

    ReplyDelete