(Apps Review) Pemilu: Aplikasi Keren dan Informatif Terkait Pemilu 2014


Pemilihan Umum anggota DPR, DPD dan DPRD Indonesia 2014 berikutnya akan diselenggarakan pada tahun 2014. Ini akan menjadi pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD langsung ketiga di Indonesia. Tanggal 7 September 2012, Komisi Pemilihan Umum mengumumkan daftar 46 partai politik yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Pemilu 2014, dimana beberapa partai diantaranya merupakan partai politik yang baru pertama kali mengikuti pemilu ataupun baru mengganti namanya. Hasil dari verifikasi faktual ditetapkan pada tanggal 8 Januari 2013, dimana KPU mengumumkan 10 partai sebagai peserta Pemilu 2014. (Sumber)

Pemilu nya memang belum mulai, tapi aura panas yang katanya sih pesta rakyat ini sudah terasa dari beberapa tahun belakangan, dan yang paling baru (terhitung dari terbitnya postingan ini) adalah berita Jokowi Nyapres.

Ah, tidak, saya tidak akan membahas nyapresnya Jokowi atau apapun yang berhubungan dengan itu. Saya akan mencoba mengulas Pemilu dari sisi lain yang menurut saya cukup keren, pengembang dengan nama Dian Agus Triadi baru saja merilis sebuah aplikasi pada perangkat iOS dengan nama Pemilu – Pemilihan Umum Indonesia 2014 di App Store, hadirnya aplikasi ini ditujukan  untuk membantu kamu memilih dan mendapat referensi tentang calon yang nantinya akan kamu coblos pada Tanggal 9 April 2014.

Bagusnya lagi, aplikasi ini dapat kamu dapatkan secara gratis dan telah mendukung tampilan yang senada dengan iOS 7 yang terkenal minimalis, penuh warna namun tetap elegan. Aplikasi ini akan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu: informasi penting terkait partai-partai politik peserta pemilu, nama dan informasi terkait calon legislatif di daerah dimana Kamu tinggal, peserta pemilu (validasi data apakah Kamu telah terdaftar/belum) dan quick count pemilu 2014.

Pada bagian pertama, yaitu tab Partai Politik Kamu dapat melihat informasi detail dari partai peserta pemilu beserta hal-hal terkait dari partai tersebut mulai dari laman resmi partai hingga akun sosial media dari partai, semua disajikan dengan cukup detail dan informatif.

Partai Politik Peserta Pemilu 2014

Pada bagian kedua, yaitu tab Calon Legislatif daerah Anda, Kamu akan mengetahui caleg-caleg yang nantinya akan kamu pilih pada pemilihan umum, untuk dapat mengakses menu ini kamu akan diminta untuk mengizinkan fitur Location pada perangkatmu sehingga aplikasi ini dengan pintar tahu kamu sedang berada di dapil mana.

Beberapa Caleg Peserta Pemilu

Tab ketiga, yaitu Apa saya terdaftar? Dimana aplikasi ini dengan pintar akan melakukan pengecekan nomor KTP milikmu dan... boom Aplikasi ini dengan cepat akan berhasil menampilkan data KTP kamu lengkap dengan daerah asal tempat tinggal Kamu.

Yeaaay! Saya terdaftar!

Tab selanjutnya adalah Quick Count yang nantinya seteah pencoblosan dapat kamu akses untuk segera mengetahui siapa partai yang mengumpulkan suara terbanyak di pemilihan umum kali ini. Ingat pemilu dulu ketika penghitungan suara hanya dapat kamu saksikan di media televisi? Sekarang kamu dapat melihatnya di iPhone kapanpun, dimanapun, dengat cepat... Cool, ain't?

Quick Count Pemilu 2014

Aplikasi Pemilu 2014 karya pengembang asli Indonesia dengan nickname Didats ini sangat menarik dan informatif. Semua yang perlu Kamu ketahui seputar Partai Peserta Pemilu 2014 beserta calon legislatifnya dapat kamu akses hanya dengan sebuah aplikasi pada mobile phone Kamu. Semakin banyak informasi, harusnya akan menjadikanmu lebih cerdas dalam memilih. Selamat mencoba!

Download Pemilu - Pemilihan Umum Indonesia 2014 (AppStore Link, GRATIS)