(Movie Review) Escape Plan - Film dari Pensiunan Rambo dan Terminator


Jadi gini...

Beberapa hari yang lalu saya tanpa terencana menonton sebuah film berjudul Escape Plan. Sebelum menonton (karena awalnya diajak begitu saja tanpa tahu ini film apa) saya langsung buka aplikasi mata2 di iPhone saya untuk melihat sinopsis nay. Well, saya sedikit skeptis awalnya melihat dua aktor utama dalam film ini ternyata aktor gaek yang populer dengan film bergenre "impossible-action" (well, mungkin tidak ada genre seperti itu, saya hanya membuat-buat). AH, siapa sih yang tidak kenal Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger.

While They're Young

Mereka berdua adalah dua aktor gaek yang pada beberapa dekade kebelakang dipuja-puja bak pahlawan, bagaimana tidak, Stallone adalah seorang pejuang di tanah vietnam dan juga petinju kebanggaan AS dan Schwarzenegger adalah sang terminator, siapa yang bisa menghentikan mereka, bukan? Tapi tampaknya masyarakat penikmat film sekarang sudah semakin pintar dan mungkin mulai bosan dengan film impossible action seperti itu. Lihat saja bagaimana film Bullet to the Head nya Stallone gagal total di box office, begitu juga dengan film Schwarzenegger, The Last Stand yang responnya juga tidak terlalu bagus.

Escape Plan mengisahkan seorang Ray Breslin yang diperankan Stallone,  yang merupakan seorang pegawai swasta yang selalu disewa pemerintah untuk mengetes sistem keamanan dari sebuah penjara.  Maka untuk melakukan pekerjaannya itu Ray memiliki keahlian khusus yaitu kabur dari penjara. Entahlah saya tidak terlalu tahu kalau disini ada tidak pekerjaan seperti itu. Yang jelas tujuannya adalah untuk memperkuat sistem keamanan dari sebuah penjara. Sehingga kelemahan-kelemahan tertentu bisa terdeteksi dan kemudian diatasi. Cerita bergulir saat kemudian Ray ditawari pekerjaan dengan bayaran dua kali lipat oleh seorang perempuan cantik yang merupakan agen CIA untuk melakukan hal yang biasa ia lakukan tadi, namun dengan beberapa syarat tambahan. Ray akan dikirim tanpa tahu kemana ia pergi dan penjara tersebut bukanlah milik pemerintah, namun dikelola swasta. 

Penjara tersebut bernama The Tomb. Kamu mungkin akan terkesima dengan bagaimana ketatnya penjara ini, semua sistem dibangun seakan tanpa celah sedikitpun.  Kamu mungkin akan merasakan ada sesuatu yang tidak beres pada pengiriman kali ini, apa itu? Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah dimana sebenarnya Ray dikirim dan apa yang harus ia lakukan untuk kabur dari penjara super ketat ini?

The Duo

Tenang, Escape Plan adalah film yang ringan kok, bisa kamu nikmati bersama teman, pacar, ataupun saat kamu menonton sendirian di bioskop... heuheuheu... Apalagi kalau kamu adalah orang yang dulu sering menyaksikkan aksi heroik Stallone dan Schwarzenegger saat masih gagah-gagahnya. Seperti saya bilang diatas tadi, penikmat film sekarang makin pintar dan malah malas melihat aksi mustahil seperti tidak mati saat diberondong peluru dari helikopter dan menghadapi satu kompi sendirian, ah ayolah! Pada awalnya saya kira film ini akan menjadi seperti Now You See Me yang menjelaskan cara-cara membongkar trik sulap, tapi tenyata film ini tetaplah film yang masih memiliki warna film 70-80an.

Escape Plan Poster

Mikael Hafstrom selaku sutradara pun saya rasa mencoba tidak terlalu menonjolkan aksi one man show saja, maka ditambahkanlah bumbu-bumbu film yang lebih terasa modern atau kekinian. Namun sayang dalam skrip yang dibuat oleh Miles Chapman dan Jason Keller masih banyak lubang ceritanya, sehingga mungkin saja kamu bisa menebak akhir cerita dari film Escape Plan ini. Andai saja film ini dibuat secepat Now You See Me sehingga biarpun disitu banyak sekali lobang cerita maupun logikanya, anda dibuat tidak sempat berfikir karena sangking cepatnya alur kisah. 

Dua aktor laga ini saya rasa belum mampu begitu jauh dari pakemnya mereka masing-masing dimana Stallone sebagai Ray Breslin adalah "jagoan" utama di film ini dan Schwarzenegger sebagai Rottmayer yang merupakan teman satu penjara yang membantu Ray untuk kabur seakan ada untuk menyegarkan suasana dengan bit-bitnya yang kadang lucu. Dan untuk urusan bad guy yang berperan adalah seorang Jim Caviezel yang aktingnya di film ini saya rasa sangat total. Bahkan, teman yang menonton disebelah saya sampai sebal melihat orang ini, "ih, si banci ini ngapain sih!" Bagi kamu yang pernah mengikuti serial Prison Break saya rasa film ini tidak ada apa-apanya. Karena jujur, Prison Break adalah standar untuk membuat film berjenis seperti ini, sama halnya bagi saya The Walking Dead adalah standar untuk cerita film zombie, makanya bagi saya World War Z yang katanya bagus itu, biasa banget. :))

Jadi...

Escape Plan adalah film action yang diperankan oleh pensiunan Rambo dan Terminator yang mencoba peruntungannya kembali di layar lebar dengan sedikit tampil lepas diluar pakem mereka, tapi toh ternyata nggak gitu juga, karena film ini masih terasa 70-80an banget. Tapi secara garis besar film ini tetap enak untuk kamu nikmati bersama teman-teman atau orang spesial kamu. Bila bingung mau nonton apa lagi, silahkan tonton film ini di bioskop.