Perbandingan Lengkap iPhone 5c dan iPhone 5s dari Apple

Lagi bingung cari hadiah natal dan tahun baru?

Yuk, kita intip dua produk teranyar dari Apple, iPhone 5s dan iPhone 5c! Mungkin aja salah satunya bisa kamu jadiin hadiah akhir tahun buat orang tersayang kamu...


Sebelum kita ngebahas tentang iPhone 5c dan iPhone 5s sebelumnya kita harus say goodbye dulu nih ke iPhone 5. Wait, what??!! Iya bener, kamu gak salah baca kok. Kenapa iPhone 5 tidak diteruskan produksinya alias discontinued oleh Apple adalah guna mengurangi ongkos produksi bagi Apple, karena seperti yang kita ketahui teknologi yang ada di iPhone 5 sendiri sudah sangat mumpuni dan pasti ongkos produksinya juga tidaklah murah, maka dari itu dikeluarkanlah iPhone pengganti dengan teknologi yang sama tapi menggunakan bahan polycarbonate (plastik) sebagai bodinya. Yup, iPhone tersebut adalah iPhone 5c!


iPhone 5c >> click to enlarge

Saya sudah sedikit jelaskan diatas tadi, pada dasarnya iPhone 5c adalah iPhone 5 dengan bodi warna-warni berbahan polycarbonate, berbeda dengan iPhone 5s... dia adalah iPhone yang benar-benar baru, dengan bodi premium yang berbahan alumunium dan dengan teknologi teranyar dari iPhone. iPhone 5S diperkenalkan dengan tiga warna pilihan baru, yakni Silver; Gold; dan Space Grey (bukan hitam, tapi lebih kepada abu-abu). 

Secara desain, tidak ada perubahan besar-besaran dibandingkan iPhone 5, perubahan nyata terlihat di sektor internal saja kayak chip A7 baru ditambah M7 co proccessor; sensor kamera baru; teknologi baru pada tombol homescreen, apalagi kalau bukan Fingerprint Sensor (atau Apple menyebutnya Touch ID); dan yang paling penting pertambahan performa... iPhone 5s adalah handphone 64 bit pertama yang pernah dibuat!


iPhone 5s >> click to enlarge

Berikut adalah perbandingan secara lengkap antara iPhone 5C dan iPhone 5S:

TAMPILAN FISIK

iPhone 5C: Bodi berbahan polycarbonate yang menyatu tanpa sambungan. Tersedia dengan lima pilihan warna: Putih, Hijau, Biru, Pink dan Kuning.

iPhone 5S: Bodi mirip iPhone 5 berbahan alumunium dengan pilihan warna Silver, Gold, dan Space Gray.

SPESIFIKASI

iPhone 5C: Prosesor A6 dengan layar Retina 4-inci, kamera 8 MP, 1080p HD rekaman video (kamera belakang), 720p HD FaceTime (kamera depan), LTE.

iPhone 5S: Prosesor A7 64-bit dengan teknologi M7 coprocessor, Touch ID sensor pada tombol Home yang berlapis kristal safir, kamera 8 MP dengan Auto Stabilization dan Burst Mode, 1080p HD rekaman video (kamera belakang) dengan Slo-Mo Recording, 720p HD FaceTime (kamera depan), LTE.

HARGA (US)

iPhone 5C:
16GB >> $99
32GB >> $199

iPhone 5S:
16GB >> $199
32GB >> $299
64GB >> $399

Jadi, kira-kira iPhone yang mana akan kamu beli untuk hadiah natal dan tahun baru ini?