Cara Mendapatkan iWork secara GRATIS pada Mac Lama

Akhir-akhir ini Apple tampaknya sedang berbaik hati, bagaimana nggak, beberapa lini software Apple mulai dari OS terbaru (OS X Mavericks) sampai lini iLife dan iWork milik Apple semuanya dihadirkan dengan GRATIS! Pemutakhiran lini iLife (iPhoto, iMovie, dan Garage Band) serta iWork (Keynote, Numbers, dan Pages) Untuk MacBook/iMac/MacPro ini cuma-cuma dengan syarat pembelian setelah tanggal 1 September. Masalah adalah bagi pemilik Mac lama yang belum pernah membeli software seperti misalnya Keynote akan tetap diharuskan membeli produk ini di AppStore.

Lalu bagaimana caranya bagi pengguna Mac lama untuk mendapatkan iWork secara gratis? Bisa nggak, Lang?

Bisa dong! Caranya adalah dengan download versi trial dari iWork 09 kemudian upgrade langsung dari Mac App Store kamu. Jadi cara yang perlu kamu lakukan adalah:
  1. Pastikan Mac kamu sudah memakai OS X terbaru, Mavericks.
  2. Pastikan kamu sudah mengatur Security & Privacy di Mac kamu, caranya: Pergi System Preferences > Security > General lalu para bagian allow apps downloaded pilih Everywhere.
  3. Download software free trial iWork ‘O9 di link SOFTPEDIA berikut (dijamin tidak ada masalah, setidaknya says sudah coba di MacBook saya). 
  4. Klik Download, lalu klik External Mirror 1.
  5. Double-click pada file yang telah di download. 
    > click to enlarge
  6. Double-click Install iWork ’09 Trial kemudian ikuti proses instalasinya.
  7. Setelah proses instalasi selesai, tutup semua jendela kamu.
  8. Selanjutnya, buka App Store dan kemudian masuk ke halaman Updates. Kamu akan melihat disitu ada 3 update untuk Pages, Numbers, dan Keynote. Langsung update ke versi terbaru tadi, GRATIS! 
    > click to enlarge
  9. Kalau belum terlihat coba restart dulu Mac kamu. Selesai! Selamat menikmati. :)
Wah, wah!!!
Ini sih sama aja dengan pembajakan, Lang! Gak baik tuh...

Eits, tunggu dulu, Apple memang telah tahu ada semacam celah disini, kabar yang saya tahu sebelumnya mengatakan bahwa pihak Apple telah menghapus beberapa file trial dari iWork versi terdahulu yang banyak tersebar di internet... tapi, dari kabar terbaru yang saya dapatkan di Mac Rumors mengatakan bahwa Apple ndak masalah kok dengan hal ini, menurutnya ini justru hal baik, agar semua konsumen bisa mendapatkan software terkini dari Apple. Itulah salah satu alasan mengapa Apple menggratiskan juga Mavericks, pihak Apple mengatakan bahwa dengan Mavericks dan segala software pendukungnya itu merupakan sebuah cara terbaru untuk  pendistribusian software secara legal!

Saya rasa hal ini baik untuk pemakai produk Apple, terbukti banyak yang senang dengan hal ini... mengutip salah satu komentar pembaca di Mac Rumors, 'Unlike Microsoft, where all customers are treated as criminals.'