Review Game Clumsy Ninja - Gratis. Simple. Adiktif!


Ada yang ingat game Tamagotchi? 
Yup... Game yg dulu populer banget dikalangan anak-anak SD beberapa tahun yang lalu... dan hey! Siapa sih yang tidak pernah memainkan game yang super simple dan bisa kamu bawa kemana-mana itu? Saya ingat dulu sering memainkan Tamagotchi diatas mobil abudemen sambil menunggu tiba di sekolah.

Zaman berubah dan entah kemana ya Tamagotchi saya yang dulu selalu saya bawa itu... Anak-anak SD zaman sekarang juga saya rasa gak pernah lagi bawa-bawa Tamagotchi seperti zaman saya dulu, kalau jalan-jalan ke mall yang saya liat biasanya anak-anak kecil kebelet gaul jalan bawa-bawa iPhone, iPad, dan gadget canggih lainnya.

Ingat jugakah kamu pada tahun lalu saat perkenalan iPod Touch generasi 5 dan iPhone 5, dalam salah satu demonya diperlihatkan sebuah game ninja yang bisa kamu kendalikan dengan kontrol layar sentuh di iPhone mu? Bila lupa, mungkin video ini akan mengingatkanmu.

 

Hampir setahun berlalu, dan teknologi yang ada di iPod Touch 5 dan iPhone 5 pun sudah mulai terlihat biasa karena sekarang toh sudah keluar iPhone 5s, tapi entah kenapa game yg justru dibuat untuk mengenalkan teknologi baru di iPod Touch tadi tidak kunjung saya temui. Sampai suatu hari saya membaca di media online bahwa game ninja yang diberi nama Clumsy Ninja tadi ternyata sedang dalam masa uji coba dan AppStore Singapura lah yang menjadi pilihan. Biarpun begitu, saya sudah nggak sabar mencoba game ini, toh harganya juga GRATIS, jadi saat itu saya langsung buat akun Apple ID baru untuk region Singapura dan langsung mengunduh game ini.

So here goes the review...

Kenapa diatas tadi saya membahas sedikit tentang game Tamagotchi yang masuk kedalam genre pet simulator karena memang game Clumsy Ninja ini saya rasakan mirip-mirip dengan game Tamagotchi, dimana kamu harus melatih dan merawat seorang... Ninja. Yup, pernyataan saya tadi sekaligus menjawab perbedaan game ini dengan game Tamagotchi, disini yang akan kamu rawat (atau lebih tepatnya, latih) adalah seorang ninja, kamu tidak perlu memberi makan dan memandikannya seperti halnya game Tamagotchi, yang cukup kamu lakukan adalah memberikan serangkaian latihan guna meningkatkan kemampuan ninja ceroboh ini.

Lah, emang buat apaan kita ngelatih si Ninja, Lang?

Salah satu hal yang menjadi motivasi bagi si Ninja untuk menjadi hebat adalah untuk menyelamatkan Ninja cewek yang disukainya namun dia diculik... Ya, wanita lagi wanita lagi... ah! Oke, lanjut, yang akan kamu lakukan untuk menjadikan si ninja hebat adalah dengan serangkaian latihan dalam bentuk quest tertentu yang diberikan oleh seorang sensei yang juga diceritakan adalah guru dari si ninja perempuan yang diculik tadi. Latihannya juga bermacam-macam dan bagi saya cukup lucu dan tidak membosankan untuk dilakukan. Semuanya terasa sangat detail bagi saya, apalagi ekspresi muka dari si ninja yang saya rasa akan membuat kamu merasa gemas melihatnya. Kalau kamu bosan untu mengikuti quest ini, kamu bisa iseng bermain-main dengan si Ninja, misalnya saja dengan memberinya balon kemudian melihat ekspresi kaget dia karena terbawa terbang oleh balon, atau mengangkat tinggi-tinggi kedua kaki si ninja kemudian menjatuhkannya... sangat tidak berperikeninjaan memang, tapi dia ninja, bung! Semakin lama gerakan jatuhnya pun akan semakin keren dan bergaya, so jangan khawatir ninja mu akan kesakitan kalau kamu lempar atau jatuhkan.

Ayeaye!!!

Yang cukup kamu lakukan adalah tap dan hold di tangan si Ninja untuk menggerak-gerakan tangannya dan juga hal yang sama bsa dilakukan di kaki si ninja, atau kamu bisa melakukan gerakan menggelitik di perut si ninja untuk membuatnya geli dan kemudian lari sembunyi. Tenang, tidak perlu bingung, karena diawal game kamu akan diberikan tutorial singkat, kok. :)

Sentuh satu tangan atau angkat kedua tangannya...

Sungguh, saya sangat takjub akan game ini, semuanya terlihat dibuat dengan serius. Biarpun begitu, ini adalah semua game mobile yang membutuhkan sebuah kesederhanaan dan tidak terlalu kompleks untuk dimainkan. Grafik yang sangat detail, IAP yang tidak berlebihan dan masih dalam batasan normal, jalan cerita yang cukup panjang dan menarik untuk diikuti, beberapa item yang bisa kamu beli untuk kostumisasi, dan game yang stabil biarpun dimainkan di device lawas seperti iPad 2 atau iPhone 4s, menjadikan game ini salah satu game yang paling sering saya mainkan beberapa hari ini.

YIHAAAA!!!

Penasaran? Saya sarankan langsung saja unduh game ini, oiya, kalau belum punya akun region Singapura langsung saja switch akun Indonesia kamu ke akun Singapura... atau buat baru seperti yang saya lakukan. Atau tunggu sampai game ini muncul di AppStore region Indonesia. :))