Instalasi Ragnarok Online 2 Indonesia di Windows/Mac OSX (Tanpa BootCamp)

Ada yang masih ingat game RAGNAROK? Saya rasa sebagian anda pernah memainkan game ini, apalagi anda yang pecinta RPG, dulu sekali saya ingat selalu memainkan game ini di warnet sepulang sekolah dan beberapa kali juga nonton acaranya di TV Indosiar. Itu sekitar tahun... ah saya lupa, yang jelas saya ingat dulu tampilannya sangat-sangatlah jadul bila melihat perkembangan dunia gaming atau khususnya game bergenre RPG saat ini. Bahkan selang beberapa masa setelah kejayaan Ragnarok, mulai banyak pesaingnya yang menampilkan game RPG Online dengan tampilan 3D.

Back in Time...
...dan

Saya selalu menunggu game Ragnarok untuk diupdate ke versi yang lebih 'modern' dengan tampilan 3D, dan yup, it's finally here! Hadirlah pembaruan versi Ragnarok, yaitu Ragnarok Online 2. Beberapa kalian mungkin tahu kalau Ragnarok Online 2 telah hadir dengan pembaruan server untuk negara Indonesia. Cara memainkannya tentu sangat mudah, yang perlu anda lakukan hanya mendownload full client yang telah disediakan Lyto dan menginstalnya di komputer anda. File yang disediakan ukurannya cuku besar, yaitu sekitar 4.4GB! Mungkin akan butuh waktu semingguan bagi anda yang memiliki koneksi internet terbatas... Namun, tenang saja karena telah disediakan juga bagi anda untuk mengunduh file tersebut secara partial atau per-part.


Buat catatan, game itu hanya dapat dimainkan di laptop/PC dengan sistem operasi Windows. 

Bagi anda yang menggunakan Mac OSX (tanpa BootCamp), anda mungkin dapat mencoba tips berikut ini, yang saya dapatkan dari situs MakeMac.com here goes...

Hal-hal yang dibutuhkan untuk menjalankan Ragnarok 2 di Mac adalah, aplikasi VMWare, sudah mempunyai Windows XP atau terbaru yang terinstall secara virtual, copy Ragnarok Online 2 yang bisa didapatkan dari Lyto. 

Ragnarok Online 2 kalau dijalankan di VMWare Windows virtual akan keluar error “**Sorry this application cannot run under a Virtual Machine**”. Error tersebut bisa diakali dengan mengubah setingan virtual Windows OS di VMware dan mengubah registrynya.

Mari mulai!
  1. Temukan lokasi OS Windows virtual di VMware dengan cara klik kanan di virtual mesin Windows, kemudian pilih “Show in Finder“ 
  2. Setelah kamu menemukannya, klik kanan lagi di file virtual Windows, pilih “Show Package Contents“ 

  3. Selanjutnya kamu harus mencari file setingan virtual mesin, berakhiran .vmx. Bukalah file tersebut dengan teks editor atau TextEdit.
  4. Klik Untuk Perbesar
  5. Tambahkan ini filenya.monitorcontrol.restrictbackdoor = “true” pada bagian paling bawah, kemudian save.
  6. Selanjutnya kita akan mengubah registry windows. Jalankan Windows di VMWare. Ketikan RegEdit di Windows (Start) > Run.
  7. Di RegEdit, navigasi ke directory ini: HKEYLOCALMACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/Class/{4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}/0000
  8. Klik Untuk Perbesar
  9. Setelah folder 0000 terpilih, klik kanan pada “DriverDesc”, terus pilih modify. Hapus tulisan yang ada. Selesai!
  10. Jalankan Ragnarok Online 2. 
  11. Selamat bermain.
Let's Play!
Kelemahan dari menjalakan Ragnarok Online 2 di VMWare grafiknya tidak bisa maksimal, tapi selama saya test masih tetap nyaman dimainkan. Daripada memakai Bootcamp, harus restart ke Windows, dengan virtual mesin kamu bisa memainkannya di desktop Mac.