Apple Memperkenalkan Dua iPad Baru, Mana Pilihanmu?

Halooo!

Sudah tahu info terkait Apple Event yang paling anyar?


Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, Apple akan meluncurkan beberapa produk baru pada tanggal 22 Oktober waktu California, atau tepatnya subuh tadi (23 Oktober waktu Indonesia). Dalam event yang digelar Apple semalam ada sebuah kejutan yang mereka hadirkan… walaupun rumor yang kebanyakan berkembang menyatakan betul bahwa iPad "Generasi 5" hadir dengan desain yang mirip dengan iPad mini, ketebalan iPad Air hanya 7,5 mm atau 20% lebih tipis dari iPad generasi sebelumnya, dan bobotnya 28% lebih ringan.

Selain itu, mereka membuat kejutan dengan menamakan iPad "Generasi 5"nya itu dengan nama iPad Air. Mengalami perubahan desain yang bagi saya cukup cantik, iPad Air adalah iPad dengan desain baru setelah iPad 2. Beberapa perubahan signifikan yang dihadirkan Apple selain desain adalah peningkatan fitur kamera, prosesor dan warna baru.

iPad Air and iPad mini with Retina Display

 Berikut spesifikasi iPad Air:
  • Prosesor A7 64-bit + Prosesor M7
  • Layar Retina Display 9.7 inci
  • Kamera iSight 5MP
  • Kamera Belakang Untuk Rekaman Video 1080p HD
  • Kamera Depan (FaceTime) 720p HD
  • Dual Microphone
  • Berat 1 Pon
  • Daya Tahan Baterai Hingga 10 jam
  • 802.11n MIMO Wi-Fi

Oh iya, dalam event kali ini, Apple juga menghadirkan iPad mini 2 dengan Retina Display. Saya suka bentuknya yang kecil dan cantik, berikut gambarnya…

iPad Air
iPad mini with Retina Display


Satu hal yang membuat saya cukup terkejut, ternyata Apple menghadirkan iPad mini 2 dengan SPESIFIKASI YANG SAMA dengan iPad Air namun dengan ukuran yang lebih kecil… Yup! Kamu tidak salah baca, satu-satunya hal yang membedakan iPad mini 2 with Retina Display dengan iPad Air adalah ukuran dan harganya…

Mari Menabung...

Dalam gambar diatas dapat terlihat bahwa harga iPad Air dan iPad mini Retina berbeda US$100, dan harga iPad 2 dan iPad mini Retina sama, yaitu US$399 (Wi-Fi). Oke, setidaknya iPad 2 yang saya miliki masih akan mendapat dukungan untuk iOS selanjutnya setidaknya beberapa tahun lagi sampai produksinya benar-benar discontinued.

Jadi kesimpulan saya, kalau kamu harus memilih sebenarnya tidak terlalu sulit, karena toh spesifikasinya sama hanya berbeda di ukuran layar saja  (tapi ukuran pixelnya sama, lho). Kalau saya harus mengatakan suatu hal kepadamu, saya akan menyatakan, tampaknya saya jatuh cinta dengan iPad mini 2 with Retina Display! Mengapa? Dengan spesifikasi yang sama dengan iPad Air, namun ukuran yang lebih manis dan simple serta kepadatan layar yang pasti lebih tinggi karena ukuran layar yang lebih kecil tadi menjadikan iPad mini 2 pilihan yang pas, toh harganya pun lebih murah. Setujukah kamu? Atau kamu punya pilihan lain? Mari berbagi, manteman. :))