(Game Review) Asphalt 8: Airborne

Halooo... Sudah menjadi seperti ritual bahwa kebanyakan games keren untuk iOS biasa dihadirkan di hari Kamis. Dan salah satu yang lagi ngehits sekarang adalah Asphalt: 8 Airborne yang merupakan game racing andalan dari pengembang Gameloft. Beruntung banget saya mendapatkan game ini lebih awal (hari rabu) dan GRATIS! Heuheuheu iyah gratis dikasih dalam bentuk kode dari @Gameloft_Indo, karena saya ternyata beruntung memenangkan #GLQuiz yang dibuat Gameloft Indonesia melalui akun Twitternya... Aaaah, thank God.

Tugasnya... cuma disuruh RETWEET.


AYEEEY! #AkuCintaGratisan

Sebagian dari kamu mungkin sudah pernah bermain seri Asphalt sebelumnya, tidak ada yang berubah secara mode permainan. Disini kamu bisa memainkan mode single player yang terdiri dari 8 sesi yang kemudian tiap sesi ini terbagi atas beberapa event kurang lebih sampai 12 event. Dan tentu saja setiap event itu membutuhkan kelas mobil yang berbeda.

Oke, secara fitur memang tidak ada yang terlalu baru di game Asphalt ini, kamu tetap bisa melakukan kostumisasi dengan mengganti warna mobil kamu dan penambahan part, tanpa dapat menambahkan decal pada body mobil kamu. Mobil yang tersedia pun sangat banyak dan bisa kamu beli dengan mata uang dalam game ini.

Untuk urusan grafik sebenarnya tidak ada yang perlu diragukan bukan? Ini Gameloft, bung! Salah satu raksasa didunia mobile game, track yang dihadirkan dan mobil-mobil yang ada begitu indah digambarkan, saya senang sekali saat mobil yang saya gunakan melewati jalanan becek sehingga dengan begitu saya bisa menggambil screenshot dari iPhone saya dan memamerkannya kepada teman-teman, karena gambarnya terasa begitu hidup bagi saya.

"Hiyaaah! Kena luh!

Look ahead my bro! The Finish Line! C'mon!!!

Biarpun diatas tadi saya mengatakan tidak ada perubahan dari segi gameplay, betul, kamu tetap harus berusaha mengalahkan musuh-musuhmu dan jadi nomor satu di game ini... dengan cara yang lebih menyenangkan dari seri sebelumnya. Mengapa? Karena di game ini banyaaaak sekali ditemukan cabang-cabang di jalanan yang jujur saat memainkannya saya selalu mikir "kira-kira yang mana yang harus gue pilih ini?!"...dan BOOM! Saat gue milih jalan tertentu, gue terkaget-kaget melihat posisi gue yang tadinya posisi satu merosot ke posisi 3 atau 4... Bahkan mungkin ke posisi paling buncit. Apa yang akan kamu lakukan? Sekedar saran saja sih, ada baiknya kamu teruskan balapan, karena menurut saya sayang aja achievement yang udah kamu dapat (misalnya kamu udah banyak menghancurkan mobil musuh, dsb) nantinya kamu bisa mengulang lagi level tersebut dan memilih jalan yang "benar".

Percuma saja lingkungan luas tapi hanya sebagai sebuah "hiasan" untung saja Gameloft memperhatikan hal ini. Misalnya dengan truk panjang atau tiang yang bisa kita gunakan sebagai "senjata" untuk mengahancurkan mobil musuh, sangat berguna! Oiya, hal ini mengingatkan saya pada game Need for Speed: Most Wanted yang pernah saya mainkan di PS2 dulu... Aaaah how I miss that game! Ah iya, saya hampir lupa, untuk masalah IAP saya rasa kamu tidak terlalu membutuhkannya. Bukankah ini game racing? Dimana untuk menjadi jago dan menjadi raja kamu harus lebih banyak melakukan balapan dijalanan? Lupakan IAP, kalau kamu sabar pasti bisa membeli "mobil impian kamu" dari hasil balapan.

Kalau harus memilih, mungkin sampai saat ini Asphalt 8 adalah game racing terbaik yang pernah saya mainkan di iPhone saya. Kenapa? Karena bagi saya grafik yang luar biasa saja tidak cukup, maaf Real Racing 3 bukan bermaksud mengecilkan, tapi secara pribadi saya lebih condong ke Asphalt karena tanpa saya sadari saat memainkannya saya cukup sering jerit, "huahahaha, kena luh!!! Mamam tuh tiang listrik!"

Perbandingan grafiknya memang cukup terlihat jelas bahwa Real Racing 3 dari EA masih memiliki kualitas diatas Asphalt 8 dari Gameloft... tapi tunggu, jangan membandingkan kedua games ini, karena keduanya memang bukan untuk dibandingkan, keduanya (walaupun sama-sama bergenre racing) memiliki pendekatan yang berbeda. :))

Contoh Screenshot Asphalt 8 diambil dari iPhone 5

Contoh Screenshot Real Racing 3 diambil dari iPhone 5

Jadi kesimpulan saya, kalau kamu mengharapkan sebuah game racing yang seru dan menantang maka belilah game ini! Jangan salahkan saya kalau kamu sulit berhenti karena penasaran dan mengulang lagi balapan kamu lagi dan lagi hehehe... Penasaran? Langsung aja download di AppStore dengan harga yang murah banget, cuma 9500 Rupiah doang! [DOWNLOAD]