(Game Review) Spiral Episode 1 for iOS: Game Action RPG Dengan Konsep Unik

Mimpi-Bangun-Mimpi Lagi-Tidur dan kemudian... mimpi lagi! Ya, betul sekali mungkin kamu sangat familiar dengan sebuah film yang konsepnya seperti yang saya sebutkan barusan. Apalagi kalau bukan film yang beberapa warsa lalu sempat memperkosa pikiran saya dengan konsep “mimpi”nya yang luar biasa itu.

Tidak, sekarang saya tidak sedang ingin menuliskan review film Christoper Nolan lainnya. Ini adalah sebuah review tentang game... Mungkin kamu pernah baca-baca beberapa waktu yang lalu akan sebuah preview dari pengembang Pixel Hero Games yang digadang-gadang sedang menyiapkan sebuah game Action RPG dengan grafis yang luar biasa. Yup! Game tersebut tidak lain tidak bukan adalah SPIRAL yang nanti nya akan dirilis kedalam beberapa episode. 


Pixel Hero Games

Lalu apa yang ditawarkan SPIRAL Episode 1 ini sebagai sebuah game Action RPG yang dipersenjatai Unreal Engine? (bagi yang belum mengenal Unreal Engine adalah yang digunakan olehgame-game ternama  seperti Infinity Blade, Lili, atau Batman: Arkham City Lockdown yang dikenal memiliki grafik luar biasa, bahkan mungkin bisa setara dengan game console... mungkin lho ya, console-game-addict jangan serius-serius banget ah baca nya).

Tempus, si Tokoh Utama. "Btw, saya ngapain ya disini? Diliatin pula..."

Sebagaimana pakem dari game RPG, sudah pasti ada sebuah jalan cerita tertentu yang harus kamu ikuti untuk menyelesaikan game. Kamu akan berperan sebagai Tempus, seorang penyidik, yang menemukan dirinya ternyata sedang berpacu dengan waktu terhadap sebuah penyakit mematikan bernama "Spiral" yang dengan cepat mengubah seluruh penduduk menjadi bermusuhan dan berlaku labil. Spiral adalah sebuah game dengan yang menurut saya unik dengan gameplay petualangan eksploratif dan tindakan pertemuan tempur real-time: semua menggunakan satu sentuhan skema kontrol gerakan sederhana untuk memaksimalkan fungsi layar sentuh kamu, namun tetap terasa efektif!

Lalu, apa hubungan nya dengan Inception yang saya sebut  diatas tadi? Kamu harus coba dan memastikan nya sendiri sih. Kalau kamu rasa nggak ada hubungan nya berarti saya minta maaf atas ke-sok-tahu-an saya hehehe...

Soal grafik? Saya rasa tidak perlu ada keraguan lagi deh... satu kata untuk mendeskripsikannya: indah! Selain grafik nya yang indah, saya sangat suka detail yang ditampilkan dan saat melihat karakter kita berbicara pun sungguh terkesan luar biasa... ah saya mungkin sedikit kehabisan kata untuk mendeskripsikan betapa luar biasanya grafik dari game yang satu ini.

Adegan pembuka. Semacam silat.

Harga 49ribu saya rasa akan sebanding dengan pengalaman yang kamu dapatkan saat memainkan game ini, buat kamu yang sibuk dengan pekerjan pun kamu dipermudah dengan fitur “arena” dimana kamu tidak harus mengikuti jalan cerita yang ditawarkan, tinggal bantai semua musuhmu. Cloud saving yang ditawarkan pun berjalan dengan sempurna, buat saya misalnya, kalau saya ingin memainkan nya di layar besar saya bisa pakai iPad kemudian menyimpan data save saya di iCloud atau kalau saya lagi ditengah-tengah menunggu sesuatu saya bisa memainkan nya via iPhone tanpa harus mengulang lagi dari awal.

Gameplay yang unik, dengan ekspresif karakter yang luar biasa, lingkungan explorable yang kaya, dan kualitas efek visual konsol dengan harga wajar dan IAP yang tidak memaksa ditambah fitur cloud saving yang berjalan dengan baik adalah alasan kenapa kamu harus membeli game ini sekarang juga! Oiya, pastikan dulu gadget yang kamu miliki setidaknya adalah iPhone 4S, iPhone 5, iPad 2, iPad 3, iPad 4, iPad Mini, dan iPod Touch 5th Generation karena game ini hanya berjalan pada iDevices yang saya sebutkan tadi.